Penggunaan Hand Sanitizer Beserta Efeknya

hand sanitizer

Membersihkan organ tubuh bagian luar seperti tangan merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan saat ini, karena mebekanya berbagai virus termasuk corona di seluruh lapisan masyarakat. Menggunakan hand sanitizer menjadi salah satu yang marak dilakukan masyarakat untuk menjaga kebersihan tangan, guna terhindar dari tersebarnya virus corona.

Namun tahukah kamu penggunaan hand sanitizer tidaklah bisa sembarangan, karena hand sanitizer sendiri punya efek samping yang perlu kamu pahami sehingga tidak salah dalam menggunakannya. Pada awal kemunculan kasus virus corona, kita semua berbondong bonding menyediakan stok hand sanitizer hingga pada beberapa titik perbelanjaan stok hand sanitizer sempat kehabisan.

Oleh karena itu tak jarang orang lebih memilih membuat hand sanitizer sendiri karena sudah tau akan kandungan yang ada didalamnya sehingga harapannya menjadi lebih efektif dalam membunuh berbagai kuman dan membersihkan tangan dari berbagai partikel lain. Membuat hand  sanitizer yang efektif menangkal kuman harus dengan kandungan alcohol 70% dan dicampurkan dengan sedikit moisturizer untuk menjaga kelembaban kulit. Kamu bisa menggunakan aloe vera gel untuk moisturizernya ya.

Penggunaan Hand Sanitizer Sebagai Cairan Permbersih

Hand sanitizer dibuat untuk membersihkan tangan, dimana pada komposisinya terdapat alcohol yang digunakan untuk mensterilkan tangan kita tanpa dibilas. Kamu bisa meratakannya ke seluruh permukaan tangan dan tunggu hingga mongering. Kamu bisa membawa hand sanitizer kemana mana karena kemasannya yang memang lebih efektif dan efisien. Nah dalam menggunakan hand sanitizer tentunya kamu juga harus paham terkait kegunaanya sendiri dari hand sanitizer, berikut uraiannya.

  • Mampu untuk menghilangkan berbagai partikel kecil seperti kuman, kemudian debu, dan juga polusi dari tangan kita hanya dengan mengoleskannya ke seluruh area tangan.
  • Akan lebih maksimal manfaatnya jika kamu menggunakan hand sanitizer setelah kamu mencuci tanganmu, dimana hand sanitizer akan melindungi tanganmu dari partikel kuman yang masih ada di tanganmu.

Sehingga jangan salah kaprah dalam menggunakan hand sanitizer ya, kamu harus membersihkan area tanganmu terlebih dahulu dengan sabun dan air lalu baru setelah itu kamu mengoleskan hand sanitizer ke tanganmu. Jangan menggunakannya ketika tangan kamu dalam keadaan kotor ya. Dan hand sanitizer akan lebih efektif bisa melindungi kamu dari virus corona ketika tangan kamu sudah kamu cuci bersih menggunakan sabun atau cairan desinfektan, intinya hand sanitizer bisa kamu gunakan sebagai pelindung tambahan.

Efek Penggunaan Hand Sanitizer

Tidak semua orang cocok dengan kandungan bahan yang terdapat pada hand sanitizer, sehingga kadang kala orang akan mengalami efek samping yang dirasakan oleh kulit setelah menggunakan hand sanitizer dalam jangka waktu tertentu. Nah berikut ada beberapa efek samping yang perlu kamu pahami terkait hand sanitizer yang selama ini kamu gunakan.

  • Kulit sensitif sehingga mengalami alergi dan iritasi

Hand sanitizer kita tau sebagian komposisinya mengandung alcohol yang mana mampu membuat kulit menjadi lebih kering. Selain itu jika kamu mempunyai kulit yang sensitive seringkali akan mengalami gatal-gatal, kemudian muncul ruam pada kulit, dilanjutkan dengan bentol-bentol, hingga kesulitan bernapas.

  • Hand sanitizer akan menimbulkan rasa perih jika terkena kulit yang kering dan terluka

Kulit kamu yang cenderung kering akan mudah mengalami kulit yang terluka secara tidak sengaja. Jika sudah begitu penggunaan hand sanitizer yang tentunya mengandung alcohol akan menimbulkan rasa sakit pada area luka. Maka dari itu ada baiknya setelah kamu mencuci tangan menggunakan sabun kamu tidak langsung menggunakan hand sanitizer, melainkan kamu menggunakan hand cream baru setelah itu dilapisi dengan hand sanitizer.

  • Mudah terinfeksi

Penggunaan hand sanitizer yang dilakukan secara berlebihan pada beberapa kulit akan menimbulkan infeksi pada kulit loh sehingga akan membuka luka baru dan menarik kuman untuk mendatangi luka tersebut. Sehingga tetap berhati-hati dalam menggunakan hand sanitizer, lebih utamakan mencuci tangan jika memang sudah tersedia tempat cuci tangan.

  • Sensitif terhadap matahari

Penggunaan hand sanitizer bisa membuat kulit kamu menjadi mudah terbakar apabila terkena sinar matahari yang berlebihan. Kulit kamu akan gosong dan muncul warna kemerahan. Oleh karena itu ada baiknya sebelum kamu menggunakan hand sanitizer ada baiknya kamu melapisi kulit kamu dengan sunscreen atau sunblock sehingga lebih aman terhadap sinar matahari.

  • Berdampak pada hormone

Pada hand sanitizer yang diproduksi di pasaran kadangkala mengandung triclosan yang mana jika terkumpul di area kulit akan mempunyai dampak yang cukup berat karena akan menyerang system hormonal pada saraf dan tubuh. Utamanya hormone seperti estrogen, kemudian tiroid. Dan bisa juga berdampak pada fungsi hati yang terganggu loh, namun ini hanya kemungkinan kecil saja.

Nah itulah yang perlu kamu tau terkait penggunaan hand sanitizer dan juga efeknya ketika digunakan secara berlebihan. Di masa sekarang ini alangkah baiknya kita tidak malas mencuci tangan dalam berbagai kesempatan. Dan perlu kamu hindari memegang muka ketika tanganmu terasa kotor. Jika sudah mencuci tangan baru kamu oleskan dengan hand sanitizer.