Mengenal Alat-alat Musik Khas Jawa yang Terkenal Hingga Mancanegara

Alat musik tradisional

Alat musik tradisional merupakan kekayaan budaya yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas dan keunikan inilah yang membuat beragam alat musik khas Indonesia terkenal di dunia, misalnya saja alat-alat musik yang berasal dari Pulau Jawa.

 

Tidak sedikit alat musik khas ini sudah mendunia, sebut saja seperti gamelan dan angklung. Banyak turis yang datang ke Indonesia hanya untuk melihat dan mencoba sendiri alat musik ini.

Alat Musik Khas Jawa yang Mendunia

Ada banyak alat musik khas dari Indonesia yang sudah dikenal sampai dunia mancanegara, terutama alat-alat musik dari Jawa. Berikut ini adalah 5 alat musik Jawa yang dikenal sampai mancanegara:

1.     Angklung

Anda mungkin sudah tidak asing dengan angklung, yaitu alat musik khas Jawa Barat dan sudah dikenal dunia. Sebab angklung sudah sering ditampilkan di berbagai acara internasional. Angklung dibuat dari bilah-bilah bambu yang dirangkai dan ketika dimainkan menghasilkan bunyi khas.

 

Memainkan angklung sebenarnya tidak terlalu sulit dan mudah dipelajari, cukup digoyangkan saja untuk menghasilkan nada. Paling bagus apabila dimainkan serentak, sebab akan menciptakan harmoni yang ini.

2.     Calung

Alat musik tradisional satu ini sering ditemukan dalam acara-acara adat maupun pernikahan. Calung juga seperti angklung terbuat dari bambu dengan 7 ruas berbeda ukuran dari kecil hingga besar. Memainkannya dengan menggunakan dua tangan, masing-masing memegang satu pemukul.

3.     Gamelan

Gamelan mewakili dari seperangkat alat musik tradisional yang dibuat dari bahan perunggu dengan wadah kayu yang dipahat atau diukir. Gamelan biasanya dimainkan apabila ada hajatan, acara pernikahan, atau pagelaran ketoprak dan wayang. Bisa juga dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional ditambah dengan nyanyian sinden.

4.     Rebab

Untuk membuat rebab dibutuhkan kayu kemuning, kawat untuk senar, dan bulu ekor kuda. Kayu kemuning merupakan bagian utama atau badan dari rebab, kemudian ditambahkan kawat untuk senar. Lalu bulu ekor kuda dibuat sebagai alat penggeseknya. Alat musik ini dimainkan sebagai pengiring lagu, bahkan banyak juga lagu-lagu modern bisa diiringi rebab.

5.     Saronen

Mungkin belum banyak dari Anda semua yang mengenal alat musik satu ini. Saronen merupakan sebuah alat musik yang dibuat dari kayu buah sawo dan bambu dengan panjang 42 cm. Cara memainkannya dengan ditiup.

 

Biasanya Saronen akan dimainkan untuk mengiringi berbagai upacara adat, misalnya karapan sapi, upacara adat pengantin, dan iringan lagu-lagu daerah Madura. Saat ini hanya sedikit orang bisa memainkan alat musik ini.

 

Indonesia yang kaya akan kebudayaan memiliki banyak sekali alat musik tradisional dari Sabang hingga Merauke. Beberapa di antaranya bahkan sudah dikenal hingga dunia internasional, contohnya adalah beberapa alat musik di atas. Bukan hanya digunakan sebagai hiburan semata, tapi juga merupakan bukti keanekaragaman budaya tanah air.