Kapan Harus Segera Ke Dokter Gigi? Berikut Ulasan Lengkapnya

dokter gigi Jakarta

Tak banyak diketahui, memeriksakan gigi secara rutin pada dasarnya penting untuk dilakukan. Anda dapat berkunjung ke dokter gigi Jakarta selama 6 bulan sekali untuk mengurangi risiko masalah gigi dan mulut sejak dini. Meski demikian, alangkah baiknya jika anda segera berkonsultasi dengan dokter apabila mendapati beberapa masalah sebagai berikut.

Tanda Harus Berkonsultasi Dengan Dokter Gigi

1. Merasakan Sakit Gigi

Anda tentu pernah merasakan sakit gigi bukan? Rasa sakit pada gigi pada dasarnya dapat muncul ketika minum, makan maupun tanpa melakukan berbagai aktivitas apapun. Sebagian besar orang bahkan seringkali menyebut kondisi ini dengan kondisi gigi sensitif. Pasalnya, hal ini dapat menjadi gejala umum yang sering terjadi ketika mengalami kerusakan gigi.

Kerusakan gigi dapat terjadi karena terkikisnya lapisan enamel, gigi berlubang, retak atau patah dan menyusutnya kondisi gigi. Kerusakan gigi dapat terjadi akibat mengkonsumsi jenis makanan tertentu, pemilihan sikat gigi dan teknik menyikat yang salah maupun perawatan gigi yang kurang diperhatikan. Untuk itu, pemeriksaan perlu dilakukan agar kondisi tidak semakin parah.

2. Gusi Mudah Berdarah

Mengunjungi dokter gigi Jakarta perlu dilakukan ketika anda mendapati kondisi gusi mudah berdarah. Masalah iritasi gusi atau dikenal dengan sebutan gingivitis dapat terjadi akibat sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik. Pasalnya, masalah gigi mudah berdarah sering terjadi ketika menyikat. Kondisi ini bahkan dapat ditandai dengan gusi yang terlihat bengkak dan berwarna merah.

3. Bau Mulut

Selanjutnya, tanda bau mulut alangkah baiknya jika segera diperiksakan ke dokter. Bau mulut atau halitosis ini umumnya dapat terjadi karena tindakan kurang tepat dalam menjaga kebersihan mulut dan gigi. Bau mulut yang sering terjadi walaupun sudah menyikat gigi umumnya disebabkan oleh kondisi gigi berlubang atau infeksi. Tak ayal jika masalah ini perlu segera ditangani.

4. Terdapat Luka Di Bagian Rongga Mulut

Sebagian besar orang mungkin seringkali mengalami masalah luka di rongga mulut atau sariawan. Umumnya, luka tersebut akan segera sembuh dalam kurun waktu 1-2 minggu dengan berkumur air garam hangat dan gel penghilang rasa sakit. Meski demikian, luka di rongga mulut ternyata ada yang tak kurun sembuh meski telah diobati. Untuk itu, sebaiknya anda segera ke dokter.

5. Mulut Kering

Tanda selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah mulut kering. Lazimnya, kondisi ini seringkali terjadi rongga mulut kekurangan air liur. Ketika mengunjungi dokter gigi Jakarta dalam kondisi ini, dokter biasanya akan merekomendasikan berbagai metode penting untuk mengembalikan kelembabannya.

Itulah beberapa tanda yang perlu anda ketahui agar segera memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter. Tentu saja, anda bisa memilih OMDC untuk mendapatkan dokter profesional yang sesuai dengan kebutuhan anda. Berbagai masalah dapat segera ditangani dengan tuntas tanpa menghambat aktivitas anda.