Kalkulator Masa Subur dan Tips Agar Cepat Hamil Setelah Menikah

Kalkulator Masa Subur dan Tips Agar Cepat Hamil Setelah Menikah

Ketika sedang menjalani program hamil, ada beberapa hal yang harus Anda patuhi. Salah satunya adalah melakukan hubungan intim ketika berada di masa subur. Makanya banyak yang menganjurkan untuk selalu mencatat tanggal menstruasi Anda setiap bulan, tujuannya untuk mengetahui peluang masa subur agar tidak terlewatkan. Tetapi jika Anda merasa kesulitan untuk menghitungnya secara manual, Anda bisa menghitungnya melalui kalkulator masa subur.

Adanya kalkulator untuk menghitung masa subur dapat mempermudah Anda untuk menentukan tanggal paling tepat berhubungan intim. Tujuannya supaya Anda dan suami bisa cepat dikaruniai buah hati.

Tips Agar Cepat Hamil Setelah Menikah

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan supaya cepat hamil setelah menikah:

Mengetahui Masa Subur

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, Anda harus berhubungan seks ketika berada di masa subur. Sebab peluang hamil akan lebih besar.

Di masa subur, sel telur akan dilepaskan dengan baik selama 12-24 jam. Ketika sel telur tersebut dilepaskan, sperma memiliki kesempatan besar untuk membuahinya sehingga kesempatan Anda untuk hamil akan semakin tinggi.

Masa subur sendiri tidak sama bagi setiap wanita, sesuai dengan siklus menstruasi masing-masing. Daripada bingung, Anda bisa langsung menghitungnya melalui kalkulator sebagaimana dibahas di atas.

Memperhatikan Frekuensi Hubungan Seks

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa berhubungan seks terlalu sering dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Padahal faktanya tidak selalu demikian. Beberapa ahli mengungkapkan bahwa sebaiknya pasangan suami istri yang tengah program hamil tidak melakukan hubungan seks lebih dari satu kali dalam sehari.

Alasannya berhubungan dengan kualitas sperma yang dihasilkan. Jika berhubungan lebih dari satu kali, dikhawatirkan akan menurunkan jumlah sperma yang sehat. Tetapi kembali lagi, jika dokter Anda memiliki saran tertentu, Anda harus tetap mengikutinya.

Meningkatkan Kesuburan

Anda dan suami juga harus sangat memperhatikan kesuburan dengan baik. Caranya yaitu menjaga pola makan sehat dan menghindari makanan yang hanya akan memberikan dampak buruk. Pilih makanan yang memiliki kandungan nutrisi serta vitamin yang baik untuk mendukung kehamilan Anda.

Ada beberapa bahan makanan yang dapat Anda pilih, antara lain alpukat, ayam, kecambah, serta susu. Untuk meningkatkan kualitas sperma, Anda bisa menyarankan suami untuk sering mengkonsumsi sperma, ikan, dan daging.

Mengontrol Stress Dengan Baik

Stress menjadi pemicu yang bisa membuat siapapun kehilangan mood untuk melakukan sesuatu. Ternyata hal itu juga berlaku bagi pasangan suami istri. Jika Anda tidak dapat mengelola stress dengan baik, maka bisa kehilangan selera untuk berhubungan intim.

Dalam beberapa kasus, stress juga menyebabkan daya tahan tubuh yang menurun. Jadi Anda disarankan untuk bisa mengelola stress dengan lebih baik.

Kebiasaan Setelah Berhubungan

Hal yang satu ini mungkin terkesan sepele, tetapi sering diabaikan oleh beberapa pasangan suami istri. Setelah melakukan hubungan intim, Anda dan pasangan dianjurkan untuk berbaring terlebih dahulu selama beberapa saat. Tujuannya supaya peluang hamil juga lebih besar.

Melakukan Olahraga Rutin

Hal penting lainnya yang tidak boleh Anda abaikan adalah melakukan olahraga secukupnya dan secara teratur. Jangan terlalu sering dan jangan terlalu jarang. Anda bisa berolahraga dengan durasi sekitar 30 menit saja setiap berolahraga. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan, jogging, atau yoga.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk bisa cepat hamil. Tetapi yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk menggunakan kalkulator masa subur agar program hamil Anda bisa berhasil.